Jumat, 27 April 2012

Sejarah PT. BNI Life Insurance

Sebagai penyedia layanan terpadu bagi semua nasabahnya yaitu "One Stop Financial Service", pada tanggal 28 November 1996, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. bersama dengan PT. Asuransi Jiwasraya mendirikan perusahaan asuransi jiwa PT. Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya (“BNI Jiwasraya”). Pada saat awal berdiri, BNI Jiwasraya telah menyediakan produk asuransi jiwa yang meliputi Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan Diri, Anuitas dan Pensiun.

Seiring berjalannya waktu telah terjadi perubahan mengenai komposisi kepemilikan saham BNI Jiwasraya, di mana setelah terjadi perubahan komposisi saham, saat ini mayoritas kepemilikan dimiliki oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Sehubungan dengan perubahan kepemilikan saham tersebut, nama PT Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya diubah menjadi PT BNI Life Insurance (”BNI Life”). Selaku anak perusahaan dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. maka pada saat terjadi perubahan logo pada perusahaan induk, tampilan logo BNI Life pun diubah sesuai dengan ketentuan dari perusahaan induk.

Berpedoman pada Visi, Misi dan Moto perusahaan, BNI Life senantiasa mengedepankan pelayanan terbaik bagi para nasabahnya. Saat ini BNI Life tidak hanya menghadirkan produk-produk tradisional namun juga menghadirkan beberapa produk baru lainnya antara lain produk asuransi pesangon dan produk asuransi yang menggabungkan proteksi dengan investasi (unit link). Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar syariah, maka pada tanggal 19 Mei 2004 BNI Life membentuk Unit Syariah yang bertujuan untuk menyediakan dan memasarkan produk-produk asuransi berbasis syariah bagi masyarakat.

Dengan demikian diharapkan semua produk konvensional maupun produk syariah, serta produk individu maupun produk kumpulan yang dihadirkan oleh BNI Life dapat memenuhi kebutuhan pasar yang beragam.

Setelah lebih dari satu dekade melayani nasabah, saat ini produk asuransi jiwa BNI Life dipasarkan melalui agen asuransi jiwa di 48 (empat puluh delapan) kantor pemasaran dan melalui 423 Bancassurance Spesialist yang ditempatkan di kantor cabang BNI di seluruh Indonesia. Jaringan layanan BNI Life tersebut tentunya akan terus diperluas demi kenyamanan para nasabahnya.

Share Holder

Kepemilikan PT. BNI Life Insurance terdiri dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. selaku pemegang saham mayoritas, Yayasan Danar Dana Swadharma, Yayasan Kesejahteraan Pegawai BNI, Yayasan Kesejahteraan Karyawan Jiwasraya.

Sampai akhir 31 Desember 2009, total aset BNI Life Insurance telah mencapai lebih dari Rp 1,59 triliun dengan pendapatan premi lebih dari Rp 1,045 triliun. Secara konsisten dan terus menerus PT BNI Life Insurance berupaya mengembangkan market share dengan tetap mempertahankan Risk Base Capital (RBC) sesuai dengan peraturan pemerintah.